Teknik SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE Pada Blog

SEO terbagi menjadi 2 kategori, SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. Website atau blog haruslah memperhatikan 2 unsur penting SEO agar google dapat dengan mudah mengidentifikasi muatan yang terkandung dalam setiap element pada web / blog khususnya content pada artikel yang dimuat.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah keharusan untuk diperhatikan dalam membanggun blog. Google dengan mesin pencarinya tentu saja seolah tidak bisa terlepaskan. Kemampuan google untuk meyakinkan para peselancar dunia maya, dibangun dengan memberikan kepuasan dan pengalaman mesin telusur yang berkualitas. Memberikan hasil pencarian yang bermutu. Konten sampah tentu saja akan sangat dihindari dari mesin pencari.

SEO pada Google Search Engine hampir menjadi prioritas optimization para pengmbang website. Dengan koualitas pencarian google yang baik, tentu website yang terindekspun terkesan memiliki kredibilitas yang baik pula.
Teknik SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE Pada Blog
Nilai kredibilitas website sangat penting terutama untuk saat ini layanan bisnis online yang sedang digandrungi para penggiat bisnis dan para kratif bisnis muda. Kualitas bisnis yang dijalankan khususnya bisnis online, haruslah didukung dengan pengalaman pelanggan di dunia internet merasa yakin bahwa anda bukanlah pemain kecil, terbukti dengan kemampuan SEO yang baik pada website anda.

Jenis Teknik SEO yang wajib anda ketahui, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Jika kedua teknik SEO ini dilakukan dengan baik dan benar, dipastikan website bisnis online akan lebih maksimal yang anda kembangkan kinerjanya.
SEO ON PAGE
Pengertian

SEO ON PAGE adalah “Teknik optimisasi SEO yang dilakukan dari dalam website / blog”.

Cara-cara yang dilakukan pada SEO ON PAGE
1. SEO URL Domain : Domain website merepresentasikan sebuah gambaran menyeluruh sebuah website. SEO pada URL ini dibangun tentunya ketika website anda masih dalam tahap awal (sebelum membuat website) penting sekali untuk menganalisa dan menentukan URL Domain.Website harus mudah di pahami arah dan tujuannya sesuai dengan URL Domain yang telah ditetapkan. Contoh:
facebook.com
playstore.com
jualo.com
namablogkamu.blogspot.com
membangun sebuah website benar-bnear harus diperhatikan sejak pemilihan Domain. Setiap elemen penting akan berhubungan dengan peningkatan Keyword, Sehingga perlu sekali memperhitungkan URL Domain yang relevan dengan kata kunci yang ditargetkan pada mesin pencari guna mengarah pada website yang anda bangun. Jika URL Website yang ditentukan dirasa sudah sesuai dengan target kata kunci, maka website sudah siap untuk berkompetisi pada mesin telusur katakanlah GOOGLE SEARCH.

Tips Menentukan Domain
Hindari menggunakan domain dengan tanda Hyphens (-) Contoh: "http://beascholarship-beasiswa-universitas.blogspot.com"

Hindari penggunaan angka di dalam URL Domain. Contoh:"http://contohnyablog77.blogspot.com"
URL DOMAIN yang bagus nilai SEOnya bisa anda lihat pada blog ini memiliki URL Domain sebagai berikut : "http://seoblogfaster.blogspotcom", maka secara tidak langsung SEOBLOGFASTER sudah ikut serta berkompetisi dalam keyword: SEO BLOG FASTER, SEO, Blog dan Faster.

2. Template / Tema Website: SEO pada template sangat penting dalam meningkatkan SEO website. kita harus membuat atau memilih template SEO Friendly untuk blog atau website. Sekarang sudah banyak publisher template-template premium gratis yang memiliki struktur code SEO Friendly. Seperti template yang saya pakai dan saya dapatkan dari publisher template SEO Bumiayu77.

3. Tag Judul : Judul pada setiap konten haruslah mampu mendefinisikan isi posting / konten yang dimuat. Tag Judul sering digunakan oleh Search Engine Google untuk diperlihatkan pada halaman hasil penelusuran. Tag Judul alangkah baiknya memiliki panjang sekitar 50-60 karakter.

Jika website memiliki banyak Tag Judul dibawah 55 karakter, maka setidaknya 95% dari judul artikel akan di munculkan dengan benar di halaman hasil penelusuran. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Tag Judul adalah biasakan untuk memasukkan kata kunci yang sesuai dan relevan di Tag Judul. Dengan membuat Tag Judul yang relevan dengan kata kunci maka akan meningkatkan SEO website.

4. Meta Tag : Website dengan kualitas SEO yang baik tentunya harus memperhatikan unsur Meta Tag yang terdiri dari Meta Description, Meta Keyword, dan Meta Content lainnya sehingga dapat membantu website kita lebih cepat terindex Search Engine atau mesin pencari.

Meta Tag yang dibangun nantinya akan memberikan informasi-informasi penting terkait halaman website kita kepada Google Crawler untuk di identifikasi. Halaman muka website memang tidak menampilkan informasi meta tag secara keseluruhan, namun akan memudahkan kinerja mesin pencarian Google. Website dengan meta tag yang baik tentunya memberikan informasi yang baik pula terhadap Google Crawler.

5. Format H1 - H3 : GOOGLE Search Engine akan memeriksa halaman website secara keseluruhan, pemeriksaan atau pengecekan yang dilakukan search engine pada seluruh element halaman dimulai dari kiri bagian atas sampai pada sisi kanan bagian bawah. Oleh sebab itu sangat penting untuk menempatkan Tag H1 pada kalimat pertama konten website. H1 yang baik ditempatkan pada Tag Judul artikel.

Setelah penempatan H1 kemudian disusul juga untuk menempatkan subnya yakni H2 dan H3 disetiap konten yang berada dalam satu halaman website tersebut. Seperti susunan H1, H2, H3 pada SEOBLOGFASTER ini, penempatan H1 pada Tag Judul dan H2 pada Tag Judul Widget, atau pada Subheading. Sehingga susunan SEO Heading teroptimisasi dengan baik.


6. Internal Link : keterkaitan antara satu artikel dengan lainnya akan menambah pengalaman pengunjung website. Kemudahan akses pengunjung dan pemetaan halaman tentunya lebih terstruktur dan terkonsep secara jelas. Dengan Internal Linking, memberikan fungsi yang baik bila diterapkan di dalam setiap artikel website atau di struktur menu website.

Kenapa Internal Link itu penting? Berbicara Internal Linking, tujuan terpentingnya adalah untuk membantu Search Engine mengeksplorasi keseluruhan halaman artikel dan membaca setiap struktur blog atau website. Struktur yang rapih membuat setiap artikel kita dapat terindeks dengan baik pada Search Engine. Usahakan website memiliki menu navigasi yang baik dan menuju pada artikel terkait dan sesuai.

Sebaiknya sebuah artikel memiliki 1 Internal Link terhadap artikel terkait. Hal tersebut dapat memudahkan pembaca atau user dalam mengakses website secara mudah dan nyaman. Kenyamanan user dalam mengakses artikel yang kita kaitkan satu sama lain tentunya akan memberikan pengalaman yang membuat user merasa betah berlama-lama membaca artikel yang disajikan. Untuk kaitannya SEO pada mesin pencari sendiri artikel yang memiliki Internal Link ke artikel lainnya akan membaca link yang kita kaitkan dengan tujuan link yang sesuai maka mesin pencari menilai bahwa artikel yang disajikan website memiliki nilai kualitas yang baik.

7. SEO Image : Unsur konten website memiliki banyak element, bukan sekedar text di dalam artikel yang bisa meningkatkan SEO Friendly, setiap gambar yang kita posting pada artikel dapat kita tingkatkan kualitas SEO Friendly agar dapat terindex di Search Engine dengan mudah. Gambar yang diposting tentu saja harus memiliki nilai relevansi yang tinggi.

Mengingat mesin pencari memiliki menu penelusuran gambar juga, maka setiap gambar yang terindeks tentu saja gambar yang memberikan keterangan yang jelas, selain itu seperti yang sudah saya samopaikan sebelumnya, bahwa google mementingkan kualitas penelusuran dengan mengindeks halaman yang menyajikan konten yang sesuai. Sebelum anda upload gambar ke website, perhatikan beberapa hal penting berikut.

Nama gambar setidaknya memberikan informasi gambar dengan penamaan yang sesuai. Contohnya (gambar logo KAKISEO) memiliki nama gambar "Seo-KAKI-SEO-Logo.png".
Kedua Tambahkan ALT Text pada setiap gambar yang kita upload di artikel. Keterangan (ALT Text) kaitannya dengan SEO gambar yakni akan memberikan informasi kepada mesin pencari mengenai gambar apa yang kita tampilkan. Sebaiknya keterangan pada gambarmemiliki 5-15 kata. Jika keterangan trerlalu panjang, search engine juga akan sulit mengidentifikasi gambar pada website, sehingga akan menurunkan kualitas SEO.

8. Optimisasi URL Artikel : URL Artikel sering disebut juga permalink. Permalink tergolong SEO Friendlyketika mengandung unsur kata kunci yang sesuai dengan konten yang disajikan. Google juga memberikan informasi bahwa permalink haruslah logis dan memberikan informasi yang dimengerti. URL Artikel atau permalink yang baik haruslah memberikan penggalan kata yang jelas dalam menjabarkan kembali Tag Judul. Seperti contoh
"www.domain.com/caracaraseoonpagedanoffpage",
sebaiknya URL Artikelnya adalah
"www.domain.com/cara-seo-on-page-dan-off-page "
Memisahkan kata dengan hyphens"-" akan mempermudah Search Engine mengindex artikel sesuai dengan kata kunci yang sebelumnya tercantum pada setiap elemen konten.

9. Format Text: format text yang baik tentunya akan memberikan pengalaman yang baik juga kepada user. Format text seperti Bold, Italic dan under line tentu akan memper tegas setiap kata pada artikel yang dimuat. Selain berfungsi meningkatkan SEO format text juga memberikan pemahaman dan kejelasan pada setiap artikel.

10. Sitemap : Website yang mmemiliki sitemap akan lebih memudahkan user mencari setiap artikel yang dibutuhkan. Gooogle sendiri juga menganjurkan pada setiap pengembang website untuk memberikan atau membuat halaman daftar isi agar memudahkan dalam penelusuran setiap artikel. Dan pada optimisasi google webmaster, pengembang website di anjurkan untuk memasukan sitemap pada webmaster google.

SEO OFF PAGE
PengertianSEO OFF PAGE adalah “Teknik optimisasi SEO yang dilakukan di luar website”.
SEO Off Page dibagi menjadi dua jenis teknik strategi.
Pertama Teknik WhiteHat yaitu melakukan tindakan bersih dan baik (Natural) berdasarkan peraturan yang dikeluarkan Google.

kedua Teknik BlackHat yaitu menjalankan tindakan SEO Off Page dengan tidak mengindahkan peraturan google. Sehingga, akan berbahaya jika tindakan SEO ini dilakukan.

Cara-cara SEO Off Page yang baik:
1. Social Media : Media sosial merupakan salah satu alternatif share konten dengan menjaring trafik dari rekan pertemanan maupun pengguna media sosial tersebut. Dengan membagikan artikel yang kita postkan pada media sosial dari website seperti dibagikan ke facebook, twitter, g+ dan lain-lain maka pengguna media sosial tersebut dapat dengan mudah diarahkan ke website kita.

2. Backlink : SEO Off Page yang satu ini sangat berpengaruh ke tingkatan PR (Page Rank), dan peningkatan keyword yang diinginkan.Back link yang kita banguin tentunya tidak berbau spamming, karena jika website kita melanggar aturan SEO yang baik dan tergolong spamm maka akan dikenakan penalti oleh mesin telusur Google (Panda - Penguin). Beberapa cara membangun back link:
  • Pyramid
  • Dummy Blo
  • Otomatis
  • Social Bookmark
  • Edu – Gov
  • Web 2.0
  • Forum
  • Blog To Web (1 arah)
  • Blog To Blog (2 arah)
  • Blog Walking
  • Review
  • Web Directory
  • Submitter
Iklan, dan cara lainnya yang tidak melanggar aturan dari google search engine
3. Tools SEO Google : Google menyediakan tools SEO dari berbagi product besutanya bagi para pengembang Website. Tools yang disediakan Google seperti
  • Websmaster
  • Analytics
  • Trends
  • Adwords Keyword Planner
  • Consumer Surveys
  • PageSpeed Insights
  • Content Experiments
  • Places for Business
  • Alerts
  • Tag Manager.
4. Share Gambar : Teknik SEO dengan mengupload ulang gambar dari artikel terkait pada website penyimpanan gambar umum. Selain itu kita juga bisa memberikan watermark pada setiap gambar yang di upload.

5. Cara lain SEO Off Page dapat kita kembangkan lagi sesuai dengan kreatifitas pengembang website. Kata kunci yang disematkan dalam teknik ini haruslah diperhatikan di diperhitungkan dengan jelas. Manfaatkan tools untuk pelengkap optimisasi ini. Jauhi strategi yang tergollong teknik blackhat. Selalu pantau dan amati pengembanga SEO Off Page secara berkala, guna menjaga kualitas Off Page yang dibangun.

Demikian penjelasan mengenai Teknik SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE Pada Blog Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter