SEO On-Page vs SEO Off-Page : Apa Perbedaannya?

SEO On-Page vs SEO Off-Page : Apa Perbedaannya? - SEO (optimisasi mesin pencari) adalah metode mengubah peringkat halaman web atau situs web dalam hasil mesin pencari menggunakan kata kunci atau frasa. Mesin Pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Ini adalah pendekatan teknik untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web.
SEO On-Page vs SEO Off-Page : Apa Perbedaannya?
SEO On-Page vs SEO Off-Page : Apa Perbedaannya?
Strategi optimisasi mesin pencari Anda dapat dibagi menjadi dua kategori berbeda: SEO on-page dan SEO off-page. Keduanya sangat penting untuk keberhasilan kampanye SEO, tetapi mereka berada di sisi yang sama sekali berbeda dalam hal meningkatkan peringkat mesin pencari Anda.
  • Di halaman: tentang apa situs Anda (atau halaman Anda)?
  • Di luar halaman: seberapa otoritatif situs Anda? Seberapa populer itu?
Apa itu On-Page SEO?
SEO On-page (juga dikenal sebagai SEO "on-site") adalah tindakan mengoptimalkan berbagai bagian situs web Anda yang memengaruhi peringkat mesin pencari Anda. Ini adalah hal-hal yang Anda kendalikan dan dapat berubah di situs web Anda sendiri. Berikut adalah faktor-faktor terbesar yang dimasukkan.

  • Tag Judul
  • Pos
  • Struktur URL
  • Alt teks untuk gambar
  • Halaman pemuatan cepat, atau kecepatan pemuatan halaman
  • Konten halaman
  • Tautan internal
SEO pada halaman memastikan bahwa situs Anda dapat dibaca oleh pelanggan potensial dan robot mesin pencari. Dengan SEO on-page yang bagus, mesin pencari dapat dengan mudah mengindeks halaman web Anda, memahami tentang apa situs Anda, dan dengan mudah menavigasi struktur dan konten situs web Anda, sehingga menentukan peringkat situs Anda.
Apa itu SEO Off-Page?

SEO Off-halaman mengacu pada teknik yang dapat diambil di luar situs web, untuk meningkatkan posisinya di halaman hasil mesin pencari (SERP). SEO Off-Page tidak hanya mencakup pembuatan tautan tetapi juga promosi media sosial, bookmark, dll. Ini juga dilakukan dengan karya promosi sebuah situs web. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas situs web.

Faktor SEO luar halaman terbesar adalah jumlah dan kualitas backlink ke situs web Anda. Beberapa contoh cara Anda dapat membangun tautan ke situs web Anda adalah:
  • Membuat konten yang luar biasa yang orang ingin tautkan karena itu berharga.
  • Media sosial membagikan konten Anda yang pada akhirnya menghasilkan tautan.
  • Menjangkau email ke influencer di industri Anda yang pada akhirnya menghubungkan Anda.
  • Blogging tamu di situs yang terkait dengan Anda. Posting tamu ini akan memiliki tautan kembali ke situs Anda.
Sementara kuantitas tautan masih penting, pembuat konten dan profesional SEO menyadari bahwa kualitas tautan sekarang lebih penting daripada kuantitas tautan, dan karenanya, menciptakan konten yang dapat dibagikan adalah langkah pertama untuk mendapatkan tautan berharga dan meningkatkan SEO di luar halaman Anda.

Berapa banyak tautan yang Anda butuhkan untuk SEO off-page yang bagus? Itu adalah pertanyaan yang sulit dan itu akan didasarkan pada Otoritas Domain pesaing Anda, karena Anda ingin memastikan Anda bermain di kotak pasir yang sama. SEO juga terbiasa percaya bahwa membeli tautan adalah cara yang sah untuk membangun tautan; namun, Google sekarang akan menghukum Anda karena membeli tautan dalam upaya memanipulasi Page Rank, dan Anda juga dapat dihukum karena mengirimkan tautan Anda ke direktori tautan yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan Otoritas Domain Anda. Sekali lagi, kualitas menang atas kuantitas ketika datang ke pembuatan tautan.

Yang Mana Yang Lebih Penting?
Ini bukan tentang memilih antara SEO on dan off-page. Itu akan seperti memilih antara fondasi atau atap jika Anda memutuskan mana yang akan digunakan untuk rumah Anda. SEO on-page dan off-page bekerja bersama untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda secara komplementer.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter