Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Dengan Mudah

Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Dengan Mudah – Membangun blog yang ringan dan cepat merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh para blogger tanpa terkecuali. Karena dengan mempunyai blog yang cepat dapat meningkatkan ranking di search engine terutama google. Tak hanya itu, mempercepat loading blog dapat memberikan pengalaman menyenangkan kepada para pengunjung blog.

Namun, akhir-akhir ini para blogger tidak lagi memperhitungkan kecepatan loading blog mereka. Secara masif mereka meletakkan iklan-iklan yang terlalu banyak dalam satu halaman sehingga membuat loading blog tersebut menjadi lama. Selain lama, membuka halaman blog yang memiliki banyak iklan dapat membuat kuota internet pengunjung menjadi lebih boros.

Untuk itu, sebaiknya para blogger mempertimbangkan faktor-faktor yang membuat loading halaman tersebut menjadi berat. Banyak sekali cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimasi loading blog menjadi lebih cepat.Bahkan pada tahun 2006 amazon melaporkan bahwa mereka dapat kehilangan $1,6 Milyar setiap tahunnya jika website mereka melambat satu detik.
Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger
Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Dengan Mudah
Pada tahun 2010 google mengumumkan bahwa kecepatan loading blog adalah salah satu sinyal yang digunakan untuk algoritmanya dalam merangking halaman blog.Sejak saat itu, banyak sekali penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para blogger tentang dampak dari kecepatan loading blog pada situs mereka.

Salah satunya yaitu penelitian oleh Gomez, yang berjudul “Why Web Performance Matters: Is Your Site Driving Customers Away?”. Gomez mewawancarai 1.500 pelanggan tentang bagaimana dampak kecepatan blog bagi pengalaman berbelanja mereka.

Hasilnya adalah
Peningkatan loading website dari 2 ke 10 detik akan meningkatkan rasio pengabaian halaman sebesar 38%.Lebih dari 75% pelanggan lebih memilih untuk meninggalkan website yang lambat, alih-alih menunggu sampai website termuat.Itu sebabnya mengapa kita harus mempercepat loading blog kita agar pelanggan yang mengunjungi blog kita mendapatkan user experience yang lebih baik.

Selain itu, dari lambatnya loading blog dapat memberikan dampak negatif, seperti:

1. Mengurangi trafik
Dengan lambatnya loading blog, tentu saja akan membuat gerah pengunjung yang mengunjungi situs anda. Karena, mereka merasa situs yang mereka kunjungi terasa lama dibuka.

2. Mengurangi Pendapatan
Seiring berkurangnya trafik akibat loading blog yang lambat, tentu saja akan memberikan dampak buruk bagi pendapatan anda. Dengan berkurangnya trafik otomatis akan mengurangi pendapatan anda dan tingkat konversi.

3. Berdampak buruk bagi SEO
Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, google mengumumkan bahwa kecepatan loading website merupakan salah satu sinyal yang digunakan untuk algoritmanya dalam merangking halaman blog. Dengan loading blog yang lambat maka lambat laun situs atau blog anda akan tergusur dengan blog-blog yang mempunyai kualitas lebih baik.

Jadi, sebaiknya untuk para blogger jangan menganggap remeh kecepatan loading blog pada situs anda. Karena website yang lambat dapat mengurangi penghasilan anda.
Lalu bagaimana cara membangun website yang cepat?

Bagaimana Cara Mempercepat Loading Blog?
Pertanyaan tersebut sering kali saya jumpai baik di forum ataupun grup facebook. Karena hal itulah disini saya akan mencoba memberikan tips bagi anda yang ingin mempercepat loading blog agar mendapatkan user experience dan juga ranking yang baik di mata google search engine.

Disini saya akan mencoba memberikan 2 cara untuk mempercepat loading blog (platform blogger) dan cara mempercepat loading blog (platform wordpress). Saat ini saya hanya akan membahas cara mempercepat loading blog hanya untuk kedua platform tersebut (blogger dan wordpress). Karena kedua platform tersebut merupakan platform yang paling banyak digunakan oleh para blogger untuk platform blog mereka.

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger
Tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mempercepat loading blog di blogger. Karena disitu kita ‘numpang’ di server google secara otomatis akses kita terbatas untuk melakukan optimasi blog tersebut. Selain memilih template/tema yang tepat, beberapa tips dibawah ini bisa anda terapkan untuk mempercepat loading blog anda.

1. Memperkecil Ukuran CSS
Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk mempercepat loading blog adalah dengan memperkecil ukuran css yang anda gunakan pada blog anda. Dengan cara ini, ukuran css yang digunakan pada blog anda akan lebih ringan dan secara tidak langsung dapat mempercepat loading blog pada situs anda. Anda tidak perlu mengubah ukurannya secara manual, karena cara ini akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk memperkecil ukuran CSS anda bisa menggunakan situs CSS compressor dibawah ini:
  • http://www.csscompressor.com
  • http://cssoptimiser.com
  • http://imabblog.com/cssoptimizer/compress.html.
2. Kompress gambar sebelum diupload
Untuk blog yang banyak sekali menggunakan gambar, salah satu yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading blog adalah dengan mengkompress ukuran gambar sesuai yang di rekomendasikan oleh google. Google memberikan rekomendasi gambar yang bisa disisipkan pada blog, berikut ini pernyataannya:
PNG hampir selalu lebih baik dari GIF, meskipun beberapa versi browser lawas mungkin hanya mendukung format untuk PNG saja.
Gunakan GIF untuk grafik sederhana atau sangat kecil (misalnya kurang dari 10×10 piksel, atau palet warna yang kurang dari 3 warna) dan untuk gambar yang bergerak.
Gunakan JPG untuk semua gambar bergaya fotografi.

Jangan menggunakan BMP atau TIFF.
Sebaiknya, sebelum melakukan upload ke blog dilakukan kompress terlebih dahulu pada gambar yang akan anda gunakan. Cukup ribet, namun hal tersebut dapat membantu mempercepat loading blog dan juga menghemat ruang simpan pada blog anda. perlu diingat, jangan terlalu mengkompress gambar terlalu berlebihan, karena hal tersebut dapat mengurangi ketajaman gambar sehingga sulit untuk dilihat oleh pengunjung.

3. Memasang Javascript Lazy Load
Lazy load berfungsi untuk menunda (delay) terhadap request yang dibutuhkan. Mungkin dibeberapa blog/website anda pernah menemukan halaman yang menggunakan lazy load ini, seperti halnya yang digunakan oleh facebook. Untuk memasang javascript lazy load diblogger anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
  1. Silahkan masuk ke url blogger Anda
  2. Lanjutkan anda klik menu dasbord blog
  3. Silahkan klik sub menu Template
  4. Pada template kemudian klik tombol Edit HTML
  5. Selanjutnya jangan lupa centang Expand Template Widget
  6. Silahkan tekan tombol Ctrl+F dan cari kode <head>
  7. Copy paste kode Javascript di bawah ini, letakkan diantara <head> dan </head>
<script charset='utf-8' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
   <script src='http://cuerosb.googlecode.com/files/cueros%20-lazyload.js' type='text/javascript'/><script charset='utf-8' type='text/javascript'>$(function() {
        $(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder :
        &quot;https://lh5.googleusercontent.com/_u4rBCfM4eII/TXksAi6R_OI/AAAAAAAABZY/2k63Mrtswf0/grey.png&quot;,threshold
        : 200});
        });
</script>
lalu klik simpan
Dengan memasang javascript lazy load ini, cukup ampun untuk meningkatkan kecepatan loading blog anda.

4. Hindari penggunaan gambar untuk background blog
Banyak para blogger yang menggunakan gambar sebagai background halaman blog mereka, dengan tujuan untuk memperindah blog. Tapi, tahukah anda? penggunaan gambar sebagai background halaman blog anda dapat menyebabkan loading blog lebih lama. Secara tidak langsung dapat menurunkan kecepatan loading blog anda.Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan gambar sebagai background blog.

5. Batasi jumlah penayangan iklan
Ini yang patut anda waspadai, kadang ada blogger yang secara ‘membabi buta’ memasang iklan terlalu banyak dalam satu halaman blog, tentu saja hal tersebut dapat membuat loading blog anda menjadi lebih lambat. Sebaiknya jangan terlalu banyak menayangkan iklan pada satu halaman, hal tersebut juga dapat mempengaruhi kecepatan loading blog anda. Selain memperlambat loading blog, terlalu banyak iklan dalam satu halaman blog juga dapat mengganggu pengunjung untuk membaca konten anda dengan baik.

6. Jangan terlalu banyak widget
Beberapa para blogger sengaja memasang banyak widget pada blog mereka dengan alasan akan memudahkan pengunjung untuk menelusuri konten yang ada di blog tersebut. Jadi widget berfungsi sebagai navigasi untuk pengunjung untuk memperoleh apa yang mereka cari.

Hal ini bagus, apabila memasang widget dengan tujuan untuk mempermudah pengunjung untuk memperoleh apa yang mereka cari. Namun, terlalu banyak widget juga dapat membuat blog anda menjadi lebih lambat. Karena semakin banyak widget, maka request yang dibebankan kepada server pun akan menjadi lebih berat. Sebaiknya gunakan widget secukupnya saja jangan terlalu berlebihan.
itulah beberapa optimasi yang bisa anda lakukan untuk mempercepat loading blog pada platform blogger.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter