Cara Cek ERROR Blog Dan Validasi HTML Dengan W3C

Cara Cek ERROR Blog Pada Validasi HTML Dengan W3C - Memeriksa validasi dan cek error markup blog, dapat dilakukan dengan menggunakan tools dari W3C (World Wide Web Consortium). Tool W3C bisa dikatakan juga sebagai penentu standar bagi pengembangan website secara global. Jadi semua pemrograman pembuatan web setidaknya harus mengikuti standar ketentuan W3C

Apa Itu Markup ?
Markup adalah sistem penanda yang digunakan untuk format karakter dan obyek dalam pembentukan web, blog atau program lain yang berekstensi HTML. Sehingga keterbacaan HTML pada suatu komponen dapat memberikan penjelasan akan susunannya bagi mesin pendeteksi. Jika komponen tersebut adalah blog / web, maka pendeteksinya adalah mesin pencari dan aplikasi browser. Jika tingkat keterbacaanya baik tentu menjadi salah satu faktor SEO blog tersebut.
ERROR Blog Dan Validasi HTML Dengan W3C
Cara Cek ERROR Blog Dan Validasi HTML Dengan W3C
Dengan adanya markup, web atau blog bisa dibangun hingga sedemikian rupa dan mampu dikembangkan sesuai kebutuhan. Baik tampilan maupun meningkatkan kualitas SEO

Fungsi Dan Tujuan Cek ERROR Valiadsi HTML
Validasi HTML blog terbilang penting karena, kita dapat mengetahui error atau kesalahan apa saja yang terdapat pada blog. Hal ini juga yang mungkin menjadi penyebab kelemahan SEO blog.

Setelah kita mengetahui kesalahan tersebut dengan cek error html blog, maka kita bisa memperbaiki kesalahan persis pada lokasi error, tanpa harus merubah atau mengutak atik element yang lain. Dam tentunya kita dapat meminimalisir kesalahan tersebut.

Berikut Adalah Langkah-Langkah Cara Cek error Markup Validasi HTML Blog.
  • Kunjungi alamat web W3C : http://validator.w3.org
  • Klik pada Validate by URL > lalu masukkan URL alamat blog / web pada kolom “address
  • Klik “More Option” > centang opsi yang ingin anda ketahui. Saya sarankan anda centang opsi “Show Source” agar dapat terlihat bagian mana yang salah / error.
  • Selanjutnya silahkan anda klik “Check” atau Validate
  • Jika tidak terdapat Error pada blog anda, maka akan terlihat pesan “Passed” berwarna hijau
  • Namun, apabila terdapat kesalahan / Error pada blog anda, akan muncul pesan berwarna merah dan tertera jumlah dari kesalahan / Error
  • Jika terdapat error, silahkan anda Scroll kebawah. Anda akan melihat list Error yang disertai penjelasan dari kesalahan tersebut.
Jika terdapat kesalahan, segeralah anda perbaiki "semampu anda". Kesalahan tersebut kadang tidak mengganggu pengunjung. Jadi jangan terlalu dicemaskan jika itu tidak mengganggu.Error pada blog yang disebabkan oleh tidak validnya code HTML, hal ini dapat menyebabkan kesalahan pembacaan, baik oleh browser, mesin penelusuran, maupun reader lainnya.

Jika pembacaan struktur blog baik, maka akan berpengaruh baik juga pada hal lainnya, seperti SEO on-page yang lebih baik dan tamplian blog yang lebih informatif.

Seperti yang sudah saya katan kesalahan tersebut bukan menjadi acuan bahwa nlog kita salah, memang alangkah baiknya jika kita memeperbaiki kesalahan tersebuy. Namun, jika anda adalah blogger yang hobi nulis, maka teruskanlah hobi anda jangan patah semangat hanya karena terdapat kesalahan markup pada blog yang tidak bisa anda perbaiki.

Hal yang paling penting dari sebuah nlog adalah kontent, semakin berkualitas kontent yang anda publiskan, maka rating dan SEO blog anda juga akan semakin naik seiring berjalannya waktu.

Demikian Artikel mengenai Cara Cek ERROR Blog Pada Validasi HTML Dengan W3C
Semoga bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter